Jumat, 19 Maret 2010

Makanan Jepang

Wasabi / 山葵
Siapapun yang pernah makan sushi pasti tau yang namanya wasabi.

Wasabi adalah sejenis tanaman keluarga Brassicaceae (yang salah satu anggotanya adalah sayuran kol). Akar wasabi inilah yang menjadikannya terkenal di seluruh dunia sebagai teman mesra sushi yang pedasnya minta ampun.

wasabi jepang




Wasabi juga dipercaya banyak khasiatnya lho, seperti mencegah stroke, penyakit jantung, asma, osteoporosis, dan juga mencegah beberapa sel kanker. Sayang, semua ini belum ada bukti ilmiahnya.

Pasar-pasar tradisional di Jepang menjual wasabi dalam bentuk akar. Kalo di supermarket, selain dijual dalam bentuk bubuk kayak merica, wasabi juga dijual dalam bentuk tube kayak pasta gigi. Jadi tinggal pencet, terus dicocorin ke makanan.

wasabi jepang


Yang bikin wasabi unik, pedesnya gak pake lama di lidah. Berbeda dengan cabe rawit ala Indonesia yang pedesnya gak ilang-ilang meskipun udah minum air segentong.

Aku pernah coba wasabi di salah satu restoran Jepang di Jakarta. Saking pedesnya, aku sampe nangis keluar air mata, tenggorokan dan hidung juga mampet dua-duanya. Pahit dan pedes numpuk jadi satu. Rasanya bener-bener gak bisa dijelasin.

Banyak orang bilang kalo kamu harus coba makan wasabi minimal satu kali sebelum kamu meninggal.

Cobain deh.



Wasabi = 山葵



Daftar  Restoran Jepang

*Daftar restoran Jepang yang ada di Indonesia ini akan terus di-update. Kalau ada data yang tidak lengkap atau nama restoran yang tidak terdaftar, mohon diberitahu.


DKI JAKARTA

Ajitei
Pacific Place Mall Lt.5
(021) 579 73122

Aoki Japanese Cuisine
Hotel Gran Mahakam
Jl. Mahakam 1 No.6
(021) 725 8382

Bushido Japanese Restaurant
Hotel Sahid Jaya Tower, GF
Jl. Jendral Sudirman No.86
(021) 570 0723

Daidomon
Menara Mulia LG-07
Jl. Jendral Gatot Subroto Kav.9-11
(021) 521 0066

En Japanese Dining Bar
Plaza Indonesia EX Level 2
(021) 319 90203
Senayan City LG
Crystal Lagoon
(021) 7278 1603

Fukuten
Plaza Senayan Arcadia Level 1
(021) 579 01271

Hanei Shabu-Shabu
Pondok Indah Mall 2 Level 3
Restaurant Row
(021) 759 20890
Senayan City LG
(021) 727 81395
Grand Indonesia FD1 Level 3A
(021) 235 80535

Honzen
InterContinental Jakarta
MidPlaza Hotel Basement
Jl. Jendral Sudirman Kav.10-11
(021) 570 7796

IMAE Japanese Shabu-Shabu House
Pacific Place Mall Level 5
(021) 579 73177

Ippeke Komachi
Kelapa Gading Mall 3 LG
(021) 458 53722

Kado
InterContinental MidPlaza LG
Jl. Jend. Sudirman Kav.10-11
(021) 573 2030

Kamogawa Japanese Restaurant
Pavilion Apartment GF
Jl. KH Mas Mansyur Kav.24
(021) 574 1988 / 579 41737

Kirishima Japanese Restaurant
ANZ Tower Level 25
Jl. Jendral Sudirman Kav.33A
(021) 570 4851

Kou Fu Ku
Jl. Wijaya XIII No.45
(021) 723 7388

Machi Machi Japanese & Healthy Food
Jl. Senopati Raya No. 27-29
Kebayoran Baru
(021) 527 9939

Miki Ojisan No Mise (Cheesecake)
Pondok Indah Mall 2
South Sky Walk Bridge
(021) 759 20786
Mall Taman Anggrek LG
(021) 563 9697
Summarecon Serpong GF
(021) 546 3928

Opa Suki & Seafood Restaurant
Pondok Indah Mall 2 LG
(021) 7592 1062

Paregu Yakiniku & Shabu-Shabu Buffet
Jl. Sultan Iskandar Muda No.27
(021) 723 8938 / 40
Jl. KH Wahid Hasyim No.41B-C
(021) 391 5456 / 7
Kedoya Centre Blok A1-3
Jl. Raya Perjuangan
(021) 548 1177 / 5507

Poke Sushi
Ruko Darmawangsa Square
Jl. Darmawangsa VI No.6
(021) 727 80553
Crowne Plaza Hotel Level 3
Jl. Jendral Gatot Subroto Kav.2-3
(021) 522 0733
Pondok Indah Mall 2 Level 3
(021) 759 20422

Ra Sushi
Bellagio Boutique Mall GF
Kawasan Mega Kuningan
(021) 300 29970
Cilandak Town Square GF
(021) 759 20288

Sakana
Mid Plaza Building Basement
Jl. Jendral Sudirman Kav.10-11
(021) 574 6452

Sekitei
Graha Bimasena Level 2
Jl. Darmawangsa Raya No.39
Kebayoran Baru
(021) 725 4278

Shabu-Shabu House
Plaza Indonesia EX Level 1
(021) 319 09002
Senayan City LG, Crystal Lagoon
(021) 727 81609

Shima Japanese Restaurant
Hotel Aryaduta Main Lobby
Jl. Prapatan 44-48
(021) 984 4926

Sumibian
Chase Plaza Level 25
Jl. Jendral Sudirman Kav.21
(021) 570 0196

Sushi Ippachi
Wisma Kyoei Prince Level 3
Jl. Jendral Sudirman Kav.3
(021) 572 3317 / 8

Sushi Mise
La Codefin GF
Jl. Kemang Raya No.8
(021) 718 3423

Takara Japanese Restaurant
Bellagio Boutique Mall G-15
Kawasan Mega Kuningan
(021) 913 01022

Umena Dori Kushi-Yaki
Sentral Senayan Level 1 Basement
(021) 579 39710

Yoshi Japanese Dining (All You Can Eat)
Darmawangsa Square City Walk Level 2
Jl. Darmawangsa VI
(021) 727 80788

Zhuma Japanese
Senayan City LG, Crystal Lagoon
(021) 727 81237
FX Lifestyle X'enter F2
(021) 255 54192

BALI

Aji Sai Sushi Cuisine
Komp. Kuta Galeria
Jl. Patih Jelantik Blok Etnik 12
(0361) 769 036

Dong Dong Japanese Dining
Jl. Raya Kuta 65, Kuta
(0361) 752 995

Kaito
Duty Free Mall Bali Galeria Lv.2
Jl. Bypass Ngurah Rai
(0361) 761 948

Kaizan
Jl. Laksamana No.33, Seminyak
(0361) 747 2324

Matsuri
Bali Collection Shopping Centre Blok A-21
Nusa Dua Tourism Area
(0361) 772 267

Ryoshi
Jl. Raya Seminyak No.17, Kuta
(0361) 731 152
Jl. Raya Ubud, Ubud
(0361) 972 192
Bali Garden Hotel Level 2
Jl. Kartika Plaza, Kuta
(0361) 766 302
Jl. Danau Tamblingan No.150, Sanur
(0361) 288 473

Sushi Bar Tsukiji Tei
Pertokoan Kuta Center Blok A3 / 1-2
Jl. Raya Kartika Plaza, Kuta
(0361) 765 198
Discovery Shopping Mall
Jl. Kartika Plaza, Kuta
(0361) 769 758
Bali Collection Shopping Centre Blok B-11
Nusa Dua Tourism Area
(0361) 778 921



SURABAYA

Goota - Japanese Grill & Gelato Cafe
Pakuwon Indah CityWalk
(031) 739 0937
Mall Galaxy Extension
The Dining Town Lv.4
(031) 591 5995
Tunjungan Plaza Central Lv.5
(031) 532 6696

Murasaki Japanese Restaurant
Pakuwon Indah CityWalk LG
(031) 739 0155

Shabu-Shabu House
Surabaya Town Square, Plaza Level
(031) 563 2967

Surabaya Suki
Jl. Raya Gubeng No.34
(031) 501 5979

Tomodachi Cafe
Jl. Embong Ploso No.27
(031) 532 2627

Umeda Restaurant
MEX Building, Level 7 & 8
Jl. Pregolan No 1,3,5
(031) 548 3499



BANDUNG

Bandung Suki
Jl. Braga No.70
(022) 420 7452

Grand Eastern Suki
Jl. Cihampelas No.144A
(022) 820 62538

Saisan Japanese Cuisine
Jl. Dr. Setiabudi No.29 G-H
(022) 203 3279

Ta Yang Suki
Paskal Hyper Square Ruko 18-19A
Jl. Pasir Kaliki No.25-27
(022) 860 60591 / 2

Tomodachi Boutique Cafe
Jl. Sukajadi No.193
(022) 203 6755
Jl. Dr. Radjiman No.5
(022) 423 2296

MEDAN

Itcho Sushi Bar & Restaurant
Sun Plaza Level 3
(061) 450 1112

Oke Suki
Jl. Palang Merah No.170
(061) 455 5007 / 78

Sushi Tei
Jl. Teuku Daud No.6
(061) 451 5236

Tong's Soya Milk & Bean Curd
Jl. Kejaksaan No.7D
(061) 452 7905

Zhuma
Cambridge City Square
(061) 457 7392


SEMARANG

Kobe Garden
Jl. Bukit Raya Kav.24-26, Bukit Sari
(024) 747 9543

Shabu-Shabu House
Komp. Ruko Murni
Jl. Gajah Mada No.144 Blok C&D
(024) 358 4020


restoran jepang


Restoran = Resutoran / レストラン

Sushi / 寿司


Sushi. Siapa yang gak tau apa itu sushi?

Di jaman Edo, sushi dikenal hanya sebagai ikan mentah yang dibumbui dengan cuka. Sekarang, sushi sudah banyak berubah mengikuti perkembangan jaman. Sushi yang kita kenal hari ini adalah hidangan dengan kombinasi nasi putih, ikan mentah, cuka, wasabi, dan tentu saja sake.

Awal mula kata sushi berasal dari kata "Edomae zushi" yang dinamai oleh Hanaya Yohei (1799–1858) pada masa pemerintahan Edo. Edomae berarti teluk Edo, atau sekarang kita kenal dengan nama teluk tokyo. Sedangkan zushi berarti asem.

Jadi pada awalnya, sushi adalah hidangan ikan asem yang ditangkap di teluk Edo.

Sushi ada banyak jenisnya...

1. Nigiri-zushi (握り寿司)

nigirizushi

Sushi jenis ini adalah sushi yang paling terkenal di seluruh dunia. Sama seperti namanya, nigiri-zushi adalah sushi yang dihidangkan dengan cara dikepal oleh kedua telapak tangan sang koki (onigiri artinya nasi kepal). Menu utamanya bisa ikan salmon, tuna, udang, cumi-cumi, atau makanan laut lainnya.


2. Gunkan-maki (軍艦巻)

gunkanmaki

Sushi jenis ini dihidangkan dengan cara dibungkus dengan rumput laut yang dikeringkan. Umumnya berisi nasi, telur ikan, dan makanan laut lainnya.


3. Temari-zushi (手まり寿司)

temarizushi

Sushi yang satu ini dihidangkan dengan cara dibentuk bulat seperti bakso.


4. Oshi-zushi (押し寿司)

oshizushi

Sushi jenis ini adalah kebanggaan warga Osaka, karena oshi-zushi memang berasal dari kawasan Kansai. Sushi ini dihidangkan dengan cara dibentuk kotak dengan sebuah kayu berbentuk persegi panjang bernama oshibako.


5. Temaki-zushi (手巻き)

temakizushi

Sushi ini dihidangkan dengan cara dibungkus menyerupai kerucut. Cara makannya pun tanpa sumpit, alias langsung comot dengan tangan. Isinya ya nasi, makanan laut, dan sayur-sayuran.


6. Chirashi-zushi (ちらし寿司)

chirashizushi

Sushi jenis ini dihidangkan di sebuah mangkok besar berisi nasi, ikan, udang, cumi-cumi, atau makanan laut lainnya. Pokoknya, chirashi adalah sushi yang paling banyak variasi makanannya, dan setiap restoran bisa beda-beda.


7. Inari-zushi (稲荷寿司)

inarizushi

Nama sushi ini diambil dari nama seorang dewa (atau dewi?) nasi menurut kepercayaan agama Shinto, yaitu Inari. Meskipun namanya sushi, hidangan ini gak ada ikan dan daging lho! Hidangannya cuma tahu goreng yang berisi nasi putih!

Yang mana yang kamu suka?
Created by : Japan.net

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar